Multi Warehouse, Multi Unit of Measurement for Distributor Company

SOFI for Distributor Company

Siklus akuntansi perusahaan dagang adalah membeli barang dari supplier atau pemasok lalu menjual lagi ke konsumen dengan tanpa merubah wujud barang dagangannya. Permasalahan di perusahaan dagang akan kompleks manakala frekuensi transaksi yang terjadi sangat tinggi, melibatkan banyak salesman, serta jumlah kategori produk yang berjumlah ribuan bahkan puluhan ribu. Perlu manajemen sistem yang akurat yang dapat menangani hutang dan piutang yang timbul dari ribuan bahkan puluhan ribu transaksi setiap bulannya. Sangat diperlukan sistem moni

Lebih dari hal yang bersifat standart dalam sebuah aplikasi akuntansi, SOFI Simple ERP menyiapkan banyak fitur unggulan bagi perusahaan dagang. Anda dapat menggunakan fitur Kapitalisasi Harga Pokok dalam pembebanan biaya yang ditimbulkan dari pengadaan barang dagang. Seperti halnya biaya angkut, biaya bongkar muat pelabuhan, biaya upah supir, dan sebagainya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Kapasitas Kendaraan dan Customer Distance yang berfungsi untuk mengetahui dengan rinci kapasitas kendaraan yang dimiliki serta mengetahui jarak tempuh ke pelanggan untuk pengiriman barang dari gudang. Dengan demikian, bisa diketahui biaya bahan bakar yang digunakan untuk mengirim barang. SOFI juga menyiapkan berbagai metode perhitungan harga pokok, seperti FIFO, LIFO, ataupun AVERAGE.

Dari sisi pembayaran, SOFI Simple ERP menyiapkan fitur cheque payment serta monitoring-nya. Untuk kebutuhan Pembayaran (Payment), akan ada status cheque transit dan cheque clear. Untuk kebutuhan Penerimaan (Receipt) disiapkan cheque on hand, cheque transit, dan juga cheque clear. Cheque yang berstatus in transit belum menyebabkan status pembayaran hutang ataupun piutang lunas. Untuk memudahkan Anda mengontrol status cheque tersebut, SOFI Simple ERP menyiapkan modul cheque monitoring.

Fitur Unggulan

SOFI Simple ERP menyiapkan modul lengkap transaksi Pembelian, Penjualan, Persediaan, dan Buku Besar. Kesemua modul tersebut dirancang terintegrasi satu sama lainnya. Pencatatan Good Receipt ataupun Delivery Order secara otomatis akan menambah dan mengurangi stock di gudang. Begitu juga halnya dengan pencatatan Faktur dari Pemasok ataupun Faktur kita ke Pelanggan. Secara otomatis akan mencatat Jurnal Akuntansi yang dibutuhkan serta laporan-laporan lengkap terkait Hutang dan Piutang.
Mendefinisikan unit produk lebih dari 1 jenis. Tampilan stock produk juga dapat menggunakan unit besar dan unit kecil (kombinasi).
Stock produk Anda dapat ditampilkan berdasarkan gudang (warehouse) yang tersedia. Anda juga dapat melakukan transaksi transfer antar gudang.
Pembayaran menggunakan cheque membutuhkan monitoring ekstra melebihi kas ataupun transfer tunai via Bank. Cheque yang kita terima pada saat pelunasan piutang harus diproses lebih lanjut untuk mengetahui ketersediaan dananya ataupun mengubah statusnya menjadi clear. Aplikasi SOFI Simple ERP membantu Anda untuk memonitoring status cheque. SOFI juga menyediakan fitur untuk mencetak cek dari berbagai Bank agar mempercepat proses pencatatan.
Anda dapat mengatur leveling harga berdasarkan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, harga retail, harga grosir, harga member, dan sebagainya. Dengan leveling harga seperti ini, akan memudahkan salesman dalam menerbitkan penawaran harga kepada pelanggan. Selain itu, batasi angka penjualan kredit ke pelanggan jika diperlukan. Sistem secara otomatis akan memberikan warning khusus jika transaksi penjualan kredit ke pelanggan sudah melewati batas yang ditentukan.
Tentukan jadwal penagihan ke pelanggan oleh salesman berdasarkan hari-hari tertentu. SOFI akan membantu Anda menampilkan laporan penagihan ke pelanggan berdasarkan waktu yang sudah Anda tentukan.
Modul delivery package berfungsi untuk mengatur pengiriman barang pesanan kepada pelanggan. Pengaturan yang dilakukan meliputi jarak lokasi gudang dengan lokasi pelanggan, jenis kendaran yang di gunakan serta upah supir yang terlibat dalam pengiriman barang. Modul ini akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi pengiriman barang (delivery order).
Dalam perusahaan distributor, pekerjaan pengiriman barang ke pelanggan merupakan aktivitas rutin dan perlu pengontrolan ketat. Harus diperhatikan sisi efektivitas serta efisiensi agar pengiriman barang tepat waktu dan juga efektif dari sisi biaya pengiriman. Pengiriman barang biasanya mengguankan kendaraan box ataupun pickup yang perlu dipantau penggunaannya. SOFI Simple ERP akan membantu Anda dalam mencatat jenis, tipe, supir, dan juga kapasitas kendaraan yang digunakan untuk operasional perusahaan. Disamping itu skedul service kendaraan serta biaya yang dikeluarkan untuk setiap jenis kendaraan juga akan disajikan secara lengkap.

Pengadaan barang oleh suatu perusahaan tidak akan terlepas dari biaya-biaya yang akan ditimbulkan dalam rangka sampainya barang hingga ke gudang. Biaya-biaya yang ditimbul dari pengadaan barang ini setidaknya dibedakan menjadi :

  • Biaya yang timbul dari pemasok product berupa harga dari barang itu sendiri, dan
  • Biaya yang timbul dari pihak ketiga, berupa biaya angkut, biaya loading, biaya dari pengurusan bea dan cukai, dan biaya-biaya lain yang terkait langsung dalam proses sampainya barang ke gudang atau biasa disebut dengan additional cost.
  • Berdasarkan jenis tipe biaya tersebut, maka timbul pula jenis tipe pembebanan, yakni :

  • Pembebanan langsung, yaitu biaya-biaya yang timbul dari pihak ketiga langsung dibebankan sebagai biaya pada periode bersangkutan.
  • Pembebanan tidak langsung/ Pembebanan berdasarkan harga pokok, yaitu biaya-biaya yang timbul dari pihak ketiga akan diakumulasi dengan harga barang dari pemasok sebagai harga pokok produk. Dengan begitu pembebanan akan terjadi sebagai harga pokok pada saat produk dijual atau dipakai.
  • Aplikasi SOFI Simple ERP akan membantu Anda melakukan kapitalisasi harga pokok.